Kategori
Uncategorized

Dukhan dan Suara Dahsyat Akan Muncul pada 15 Ramadan

Dukhan dan Suara Dahsyat Akan Muncul pada 15 RamadanDukhan dan Suara Dahsyat Akan Muncul pada 15 RamadanViral klaim soal kemunculan dukhan dan suara dasyat pada pertengahan atau 15 Ramadan 1441 H yang jatuh, pada Jumat 8 Mei 2020.

Kabar tersebut merupakan unggahan akun Facebook Rahma Rumatela, pada 4 Mei 2020.

IDN POKER APK

 

BACA JUGAhttp://american-cannibal.com/

Berikut isinya:

“Terjadinya dukhan😱 😱( kabut ) 😫😯Bulan 5 tgl 8 hari jum’at 2020 15 ramadhan pada pertengahan puasa akan terjadinya bala yg jelas bala yg di turunkan oleh allah dari atas langit . Kalau tak percaya buka ” al- Qur’an ” yg artinya .” maka tunggulah langit membawa asab yg nyata ” ( Q .s . AD – Dukhan ayat 10 ) .Kami sudah siap menunggu bala yg di turunkan oleh allah .Kami tlh melafaikan sedikit do’a waktu tibanya kejadian tersebut .* Do’a nya *Subahanal kuddus 3xRabbunal kuddus 3xIaa ilaha illa anta subhanaka Inni kuntu minazzalimin .

Dukhan dan Suara Dahsyat Akan Muncul pada 15 Ramadan

Do’a ini dibacakan ketika bala akan tiba ,,, ketika bala tiba , masuklah ke dlm rmh , tutup pintu dan jendela supaya asab yg jatuh dri langit gk masuk ke dlm rmh , lalu berhadap ke kiblat , sujut , tutup telinga , lalu berselimut dan baca ayat yg di atas .

Kalo km ingin menolong umat islam kirimlah ke semua org ,,, klo km bener2 umat islam pasti kamu krm ke semua org ,, banyak orang yg baca lebih baik .. semoga kerena ada nya teks ini bisa menolong org islam ” ammiin ”

Allahuwalam…🙏 🙏”

Akun Facebook Rangga Lawe juga menyebarkan informasi serupa dengan kemasan video yang diunggah pada 5 Mei 2020.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Ramadhan di tahun ini kita akan mendapati tanggal 15 Ramadhan jatuh pada malam Jum’at. Mari kita renungkan hadits berikut ini: Rasullullah bersabda:

Apabila telah terdengar suara dahsyat dibulan Ramadhan, maka akan terjadi huru-hara di bulan Syawal, semua suku akan saling berselisih dibulan Dzul-Qa’dah, dan akan terjadi pertumpahan darah di bulan Dzul-Hijjah dan bulan Muharram. Dan Manusia akan banyak yang terbunuh.

Penelusuran Fakta

Nabi menyebutkan hal tersebut sebanyak tiga kali.Para sahabt pun bertanya:

Suara keras apakah itu wahai Rasulallah?

Beliau menjawab, suara keras yang terjadi dipertengahan bulan Ramadhan, pasa malam Jum’at, suara dasyat itu mengagetkan ora-orang yang sedang tertidur, meniadakan orang yang berdiri terjatuh.

Para wanita-wanita terhempas keluar dari kamarnya, pada malam Jum’at ditahun tersebut banyak terjadi gempa bumi.

Jika kalian telah melaksanakan shlat Subuh dihari Jumat pada pertengahan Ramadhan tersebut, masuklah kalian ke dalam rumah-rumah kalian, tutuplah pintu-pintunya.

Tutuplah lubang-lubangnya, lindungi diri kalian dengan selimut, tutuplah telinga kalian. Jika kalian merasakan adanya suara yang dahasyat, maka sujudlah kepada Allah dan ucapkanlah:

Subahanal Quddus,Subahanal Quddus, Subahanal Quddus

Barang siapa yang melakukannya niscaya akan selamatm dan yang tidak melakukannya niscaya akan binasah.

Hadits ini diriwayatkan oleh Nu’aim bin Hammad di dalam kitabnya al-Fitan dan lainya.

Kapan hal ini akan terjadi apakah malam Jum’at tanggal 15 Ramadhan esok??

hanya Allah yang mengetahui”

Benarkah suara keras dan kabut tebal akan muncul pada Jumat pertengahan Ramadan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim kabut tebal dan suara keras akan muncul, pada Jumat pertengahan Ramadan, menggunakan Google Search dengan kata kunci “suara keras pertengahan Ramadhan”. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul “UAS Jelaskan Hadis Prahara 15 Ramadhan” yang dimuat situs republika.co.id, pada 2 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan penjelasan, kabar tersebut merupakan sebuah hads yang driwayatkan oleh Abu Abdllah al-Hakim terdapat dalam Kitab al-Fitan karya Nu’aim ibn Hamad. Hads yang sama juga dapat dtemukan dalam kitab Akhbar Ashbahan.

Penelusuran Fakta

Hads itu memang menyebutkan, pada tanggal 15 Ramadan malam Jumat, akan terjad suara keras yang mengejutkan. Suara atau tiupan itu akan membangunkan orang-orang yang tertidur, mengejutkan orang yang terjaga, membuat para perempuan keluar dari tempat pingitannya.

Hads itu juga menyatakan, pada tanggal itu akan terjad banyak gempa bumi.Kumpulan Ucapan Menyambut Ramadhan 2021, Bisa Dijadikan Status Media Sosial  - Pikiran-Rakyat.com

Para pakar hads dari masa-masa silam pun sudah memberikan komentarnya. UAS mencontohkan, Imam al-‘Uqaili dalam kitab ad-Dhu’afa’ al-Kabir, Juz IV, halaman 52 mengatakan, hais tersebut tidak ada dasar sanadnya dari periwayat yang tepercaya (tsiqah). Hads itu tidak pula dari riwayat yang kuat.

Imam Ibnu al-Jauzi berkata dalam Kitab al-Maudhu’at Juz III, halaman 191, hads itu hads palsu. Begitu pula menurut Imam ad-Dzahabi, hais itu hais palsu.

Penelusuran Fakta

Kesimpulannya, hads mengenai huru-hara pada pertengahan Ramadhan adalah hads yang palsu. Oleh karena itu, hads itu tak bisa djadkan sebagai hujjah.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul “Viral Isu Kiamat pada 15 Ramadan, Peneliti LAPAN Ingatkan Keesaan Allah” dmuat situs liputan6.com, pada 5 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut, Abdul Rachman, peneliti sains antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), kepada Liputan6.com mengatakan bahwa tidak ada dalil agama yang mengindkasikan bahwa ad-dukhan akan terjad pada 15 Ramadan kali ini.

Penelusuran Fakta

“Hadis yang djadkan dalil dukhan pada 15 Ramadan adalah hads palsu. Lagipula, berdasarkan pengamatan dan permodelan asteroid dan komet tidak ada indkasi bahwa akan ada tabrakan dengan Bumi dalam waktu dekat ini, bahkan hingga 100 tahun ke depan,” ujarnya.

“Ini bisa terjad kapan saja, maka kita sebagai orang beriman harus bersiap menghadapinya,” kata Abdul Rahman.